Pages - Menu

Sabtu, 05 November 2016

Metode Sorting Menggunakan Selection Sort (contoh Script dalam bahasa C++)

SELECTION SORT
Selection sort merupakan kombinasi antara sorting dan searching. Pengertian dari selection sort adalah mencari elemen yang tepat untuk diletakkan di posisi yang telah diketahui, dan meletakkannya di posisi tersebut setelah data tersebut ditemukan.
Selection Sort Membandingkan elemen yang sekarang dengan elemen yang berikutnya sampai dengan elemen yang terakhir. Jika ditemukan elemen lain yang lebih kecil dari elemen sekarang maka dicatat posisinya dan kemudian ditukar.
Pengurutan data dalam struktur data sangat penting untuk data yang bertipe data numerik ataupun karakter. Pengurutan dapat dilakukan secara ascending (urut naik) dan descending (urut turun) Pengurutan (Sorting) adalah proses menyusun kembali data yang sebelumnya telah disusun dengan suatu pola tertentu, sehingga tersusun secara teratur menurut aturan tertentu.

Contoh:
Data Acak      : 5 6 8 1 3 25 10
Ascending      : 1 3 5 6 8 10 25
Descending    : 25 10 8 6 5 3 1

Konsep Algoritma pengurutan sederhana salah satunya adalah Selection Sort. Ide dasarnya adalah melakukan beberapa kali pass untuk melakukan penyeleksian elemen struktur data. Untuk sorting ascending (menaik),
elemen yang paling kecil di antara elemen-elemen yang belum urut, disimpan indeksnya, kemudian dilakukan pertukaran nilai elemen dengan indeks yang disimpan tersebut dengan elemen yang paling depan yang belum urut. Sebaliknya, untuk sorting descending (menurun), elemen yang paling besar yang disimpan indeksnya kemudian ditukar.


Selection Sort diakui karena kesederhanaan algoritmanya dan performanya lebih bagus daripada algoritma lain yang lebih rumit dalam situasi tertentu. Algoritma ini bekerja sebagai berikut:
1.        Mencari nilai minimum (jika ascending) atau maksimum (jika descending) dalam sebuah list.
2.        Menukarkan nilai ini dengan elemen pertama list.
3.        Mengulangi langkah di atas untuk sisa list dengan dimulai pada posisi kedua. Secara efisien kita membagi list menjadi dua bagian yaitu bagian yang sudah diurutkan, yang didapat dengan membangun dari kiri ke kanan dan dilakukan pada saat awal, dan bagian list yang elemennya akan diurutkan.

Cara mudahnya dalam mengurutkan selection sort :
  1. Cek seluruh elemen array, temukan nilai terkecil jika assending dan sebaliknya jiaka dessendingkemudian tukarkan posisinya dengan posisi nilai yang tersimpan pada posisi pertama dari array.
2.  Temukan nilai terkecil/terbesar kedua dan tukarkan posisinya dengan nilai yang berada pada posisi kedua.

  1. Elemen sebelumnya/dua elemen pertama tidak akan berubah lagi sebab mereka sudah merupakan nilai terkecil/terbesar pertama dan kedua dalam array tersebut, ulangi dengan cara/proses “pilih dan tukar” sampai semua elemen tersorting.

Metode selection sort:





Contoh Program Selection Sort
#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;
int data[10],data2[10];
int n;
void tukar(int a, int b)
{
 int t;
 t = data[b];
 data[b] = data[a];
 data[a] = t;
}
void selection_sort()
{
 int pos,i,j;
 for(i=0;i<n-1;i++)
 {
  pos = i;
  for(j = i+1;j<n;j++)
  {
   if(data[j] < data[pos]) pos = j;
  }
   if(pos != i) tukar(pos,i);
 }
}
main()
{
 cout<<"===PROGRAM SELECTION SORT==="<<endl;
 cout<<"Masukkan Jumlah Data : ";cin>>n;
 for(int i=0;i<n;i++)
 {
  cout<<"\nMasukkan data index ke [ "<<i<<" ]: ";cin>>data[i];
  data2[i]=data[i];
 }
 selection_sort();
 cout<<"\n\n";
 cout<<"Data Setelah di Sort : ";
 for(int i=0; i<n; i++)
 {
  cout<<" "<<data[i];
 }
 getch();
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar